Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan-tulisan sebelumnya tentang Inspection Manual Storage Tank Minyak & Gas Bumi Pertamina part 1 – 3.

Manual ini mencakup procedure pekerjaan inspeksi dalam rangka pemeliharaan atmospheric tank dan low pressure tank pada saat tanki dalam keadaan beroperasi (tank in service), pada saat tanki dalam keadaan tidak digunakan/dibersihkan (tank out of service), dan juga pada new construction.

DIMENSION INSPECTION 

Dimensi tangki harus di ukur pada saat konstruksi dan harus memenuhi toleransi yang diperbolehkan oleh standard/code atau spesifikasi yang sudah di sepakati.

Disamping memenuhi batasan-batasan yang di izinkan untuk perbedaan level fondasi tanki, juga saat penyetelan shell plate dan beberapa pengukuran yang harus di lakukan sebelum hydrostatic test antara lain:

Plumbness

Plumbness adalah kemiringan vertical dari tangki, maximum out of plumbness di ukur dari tepi shell teratas  dengan tepi dari shell terbawah adalah tidak boleh melebihi dari 1/200 total tinggi shell keseluruhan.

Roundness

Roundness adalah kebulatan dari dinding tanki.  Toleransi yang di izinkan ialah :

Diameter Range                                           Radius Toleransi

0 – 40 feet (0 -12,2 M)                                    ½ inch (12,25 MM)

40 – 150 feet (12,2 – 45,75 M)                        ¾ inch (18,38 MM)

150 – 250 feet (45,75 – 76,25 M)                    1 inch (25,4 MM)

250   lebih feet (>76,25 M)                             1¼  inch (31.75MM)

Peaking

Peaking adalah untuk lekukan yang terjadi pada sambungan las-lasan horizontal. Batasan yang dibolehkan adalah pada jarak panjang 36 inches (915 mn) peaking maximum dibolehkan sampai ½ inch (12,7 mm).

Banding

Banding adalah lekukan yang terjadi pada sambungan las-lasan vertical batasan yang di bolehkan adalah pada panjang 36 inches (915mm) banding maximum adalah ½ inch (12,7 mm).

Tank Calibration

Semua tangki baru setelah seluruh pekerjaan Mechanical selesai dan sebelurn di operasikan harus dikalibrasi oleh instansi Pemerintah.

Kalibrasi tanki dilakukan oleh Petugas Metrologi disaksikan oleh Direktorat Teknik Pertambangan Minyak dan Gas Bumi, dan Pertamina.

Dari hasil kalibrasi tersebut akan dikeluarkan daftar isi tangki yang :

  1. Disahkan berdasarkan Undang-Undang R.I. No. 2 tahun 1981 tentang Metrologi Legal oleh Direktur Metrologi.
  2. Diketahui dan disetujui oleh Direktur Jendral Bea dan Cukai.
  3. Disetujui untuk digunakan oleh Direktur Direktorat Teknik Pertambangan Minyak dan Gas Bumi.

Kalibrasi ulang harus di lakukan setiap 5 tahun (untuk tangki keperluan komersial).